siejak

Berkarya Untuk Sang Maha Karya

Belajar Move On (1)

Pagi tadi sekitar jam 10, takdir Allah kembali lagi memberi pelajaran pada diri ini. Semenjak kepulangan dari Bandung pada bulan ini, diri ini semakin nekat untuk mencari sumber rejeki. Dan salah satunya kehadiran diri ini pada salah satu rapat penelitian rutin anak-anak Fisika MIPA UGM, entah dia berstatus skripsi, thesis hingga disertasi. Pemimpin forum ini yaitu Pak Kamsul, salah satu dosen kece yang ada di UGM. Beruntung sekali bisa bertatap muka hingga berkerja sama dengan beliau. Selama ini hanya tau dari omongan mahasiswa MIPA kenalan saya saja. Alhamdulillah.

Ohya, saya berada di fakultas ini bukan berarti sedang melanjutkan S2 di sini yap, hehe. Walaupun ada terbesit ingin S2 di sini, ya masih terbesit, belum diseriuskan benar-benar. Kembali ke topik, saya berada di sini sesuai dengan penjelasan di awal, mencari sumber rejeki lainnya. Biasa, PNS, Pencari Nafkah Serabutan, hehe. Tawaran yang ditawarkan salah satu kakak tingkat saat itu adalah menjadi Web Maintance, kerjaan di luar dari apa yang diajarkan di kelas selama ngampus, lagi dan lagi hehe. Awal, saya kira pekerjaan ini akan mudah, mudah untuk merangkap dengan pekerjaan yang lain. Ternyata, web yang saya urus adalah web IPHO, kegiatan Internasional, dan saya sendirian -.-”

Sudah pada kenal kan ya sama IPHO? International Physics Olympiade? Olimpiadenya Fisika anak-anak SMA hingga SMP se-internasional. So, full english, padahal diri ini sedang belajar kembali menata bahasa inggris yang berantakan karena jarang dipakai -.-, benar-benar nekat dah untuk PNS satu ini. Kalau ditanya kenapa masih nekat, padahal tadi masih ditanyakan kesediaanya oleh Pak Kamsul, setelah dipikir-pikir, alasan satu-satunya yaitu ingin berada di Jogja lebih lama. Karena masa kerja yang memberikan alasan berada di kota ini akan habis di bulan depan. Hahaha, semoga nekat ini bisa segera saya kendalikan dan bertanggung jawab atas nekat itu sendiri. Masa IPHO ini ternyata cukup menguras waktu dan tenaga, karena diminta bekerja dari senin bertemu senin dan di jam kerja, ya pagi hingga sore. Hufh, kuatlah badan dan niat ini!

kok jadi curhat ya -.-

Padahal tujuan awal nulis ini ingin mengutip kata-kata Pak Kamsul, yang saya terjemahkan dalam makna move on. Ini nih kalimatnya:

Harga menginap semalam di hotel bintang 5 itu sekitar 1 juta lebih, menurut teman-teman itu mahal tidak? Kalau menurut saya tidak mahal, selama kalian mengejar bagaimana mencari uang sebanyak itu atau lebih, bukan berpikir betapa mahalnya 1 juta lebih.

kira-kira begitu yang beliau sampaikan, saat bercerita akomodasi ke bali saat IPHO diadakan tahun depan.

Kalau yang saya dapatkan dari kalimat itu, bahwa jangan terpatok pada target yang dituju, namun tuangkan lebih usaha dan waktumu kepada cara meraihnya. Seperti lulus, cari lah bagaimana move on untuk tidak malas dan memilih bergerak mengerjakannya, dan seperti nafkah, ingin mampu dan mapan, jangan memikirkan duitnya tetpai carilah pekerjaanya. Karena ketika ada pekerjaan, maka duit itu akan datang.

Hahaha.. perjalanan di jogja dimulai kembali. Saya memilih maju, tidak lagi untuk mundur.

Semoga berkah!

Rektorat, dalam agenda pertanggungjawaban pekerjaan
penelitian selama satu tahun kemarin

Related Post

Post a comment