siejak

Berkarya Untuk Sang Maha Karya

Kuliah Twitter – #Pencariannn via @PKSjerman

#Pencariannn itu kudu serius, mas bro. #Pencariannn, klo cuma modal lagu #galau, ke laut aja dah mas bro.

#Pencariannn, tapi tuh mata ngga dijaga. Loe waras, mas bro?
#Pencariannn, emang sdh hafal berapa juz, mas bro?
#Pencariannn, ntar istri diajarin ilmu apa mas bro? Cara ganti ava tuiter?
#Pencariannn… situ brani janji beliin istri jilbab yg layak kan, masbro?

#Pencariannn… buang dulu tuh virus genit ama bakteri ganjen. Skrg juga mas bro. #Pencariannn… tp dinasihatin ngambek. Balita amat, mas bro. #Pencariannn, dah apal adzan lom mas bro? Berani ngelakuin kan? #Pencariannn… UCL apa subuhan di masjid, mas bro?

#Pencariannn… cantik itu harus atö ngga, mas bro?
#Pencariannn, ntar malem ngingetin tahajud ke yg mana, mas bro?
#Pencariannn… mas bro lagi seneng ya, koq dibaca mulu mensyennya si ukhti?
#Pencariannn… wah ada mba yg minta didoain. Peluang, mas bro?
#Pencariannn, diminta jadi moderator… kesempatan tepe-tepe mas bro?

Kadang nasehat ngga mempan pake bahasa halus, jadi #pencariannn ini sengaja rada beda. Khusus buat para mas bro. Tadi kerasa kan, klo #pencariannn itu ngga gampang buat setiap mas bro. Tapi inget, setelah kesulitan pasti ada byk kemudahan. Susah banget jadi sosok mas bro yg ideal, so dlm #pencariannn, jgn pake harga mati soal kriteria.

Fase #pencariannn jgn diisi ama yg ngga penting, kayak yg tadi disebut di prolog kultuit. Bagi bbrp mas bro, sepakbola itu harga mati. Buat yg laen, ngapalin juz 30 itu setengah mati. Ayo, perbaiki diri di fase #pencariannn!. Ada yg pusing soal duit. Cermat itu perlu, mas bro. Tapi pertolongan-Nya pasti dtg. Ayo dekatkan diri pada-Nya saat #pencariannn.

Sebaliknya, ada yg menggebu. #Pencariannn dianggep enteng. Ngga nyadar ilmunya lom cukup buat bekal rumah tangga. Payah jg itu. Suami itu pemimpin, di pundaknya ada semua beban keluarga. Di otaknya gentayangan masalah2 rumah tangga. #pencariannn

Laki2 itu pemimpin. Suami itu pendidik, murobbi, sekaligus sandaran yg kokoh bagi kelembutan istrinya. #eaaa#pencariannn. Krn tugasnya yg berat bgt itu, Allah memberi tiap laki2 keteguhan dlm menanggung beban & ketabahan menghadapi ujian. #pencariannn. Buat ngimbangin kelembutan & ketaatan istrinya kelak, kepemimpinan ama ketegasan laki2 hrs diasah sejak akil baligh. #pencariannn. Semua laki2 hrs dididik utk bertgjwb, menuhin amanah, berani ngakuin kesalahan & mensyukuri kelebihan2nya. #pencariannn

Pendeknya, seorg laki2 kudu bisa ksatria dlm segala hal, nunjukin kematangan yg memadai buat mengakhiri #pencariannn. Knapa? Soalnya tgjwb laki2 ngga cuma di keluarga, tapi jg lingkungan, masy, bahkan negara. Semua itu bebannya laki2. #pencariannn. Perempuan ngga bakal ditanya “knapa sekitarmu kacau?” atau “knapa rakyat suka maksiat?” krn itu tugasnya laki2. #pencariannn

Jadi mslhnya laki2 itu ngga model genteng bocor, motor ngadat, apalagi bakiak putus doang. Tp seluruh dunia. #pencariannn. Jd klo #pencariannn aja genit, hobi tepe2, ngingetin sholat tahajud ce/akhwat yg bukan siapa2nya, ntar jadi laki macam apa woy? ;). Sempurna itu ngga mgkn, pasti ada kekurangan. Tapi klo ngga sadar2 ama tgjwbnya, ya kasian istri ama keluarganya lah. #pencariannn. Trus, kalo #pencariannn aja pake #galau siang malem, ntar jangan2 istrinya yg disuruh ngadepin orang nagih utang di depan pager. Atö, ngimami sholat, suratnya al-Ikhlas sama an-Naas doang diulang-ulang ampe tua. Ngga mau kan, jd suami ky gini? #pencariannn

So, mas bro hrs sadar klo masa #pencariannn itu waktu yg Allah sediakan buat ngumpulin ilmu, pendewasaan ama kematangan diri. :). Biar apa? Biar ntar siap ngadepin tantangan perbaikan keluarga, masy, negara dll. Jgn sampe jadi suami hobi #galau. #pencariannn

Blm lagi urusan mendidik anak, ngga mgkn dilakuin tanpa ilmu. Inget, anak bisa nyebabin ortu ke surga atö neraka. #pencariannn. Tanggung jawab siapa itu semua? Ayah! Ibu bagian pelaksana dari program yg dirancang ama suaminya. Oke? 🙂 #pencariannn

Oke… jadi #pencariannn ini endingnya sayah bikin panas. Biar beda, biar kepikiran. Smoga bermanfaat tuips, mhn maaf klo ada khilaf.

Related Post

Post a comment